SPAM Batam Jaga Kualitas Air Bersih Batam, dengan Implementasikan Peraturan Menteri Kesehatan

  • Bagikan

BTM.CO.ID, BATAM – Moya Indonesia sebagai korporasi yang diberi kepecayaan mengelola SPAM Batam dimasa transisi terus memberikan pelayanan terbaik dengan menjaga kualitas air bagi warga Kota Batam.

Untuk menjaga kualitas air bersih, SPAM Batam melakukan mengambil sample air di 160 titik. Pengambilan ini sesuai dengan Peraturan Menteri Kesehatan No, 736/PER/MENKES/IV/2010. Untuk mencapai kualitas air sesuai persyaratan yang ditetapkan berdasarkan peraturan perundang-undangan, maka yang harus dilakukan adalah pengawasan kualitas air, salah satu komponennya adalah pengambilan sampel air, pengujian kualitas air, analisa hasil pengujian.

Penentuan jumlah titik sampling ini mengacu kepada Permenkes tersebut diatas yang menyebutkan bahwa ‘’ Jumlah sampel dan frekuensi pengujian sampel air minum harus dilaksanakan berdasarkan jumlah penduduk yang dilayani pada jaringan distribusi”, maka dengan mempertimbangkan jumlah pelanggan SPAM Batam ini, perhitungan jumlah sampel menurut ketentuan tersebut sebanyak 132 titik sampel, dan atas perhitungan ini, maka SPAM Batam menetapkan jumlah pengambilan titik sampling sebanyak 160 titik uji sampling.

BACA JUGA:   Bea Cukai Batam Ciduk  Pelaku Penyelundupan Sabu Tujuan Jakarta di Bandara Hang Nadim Batam

Pengambilan Uji sampling SPAM Batam ini dilakukan pada 6 (enam) area Instalasi Pengolahan Air (IPA) dan area District Meter Area (DMZ) atau klustering area dengan mengacu pada Standar Operating Procedure (SOP) yang tersistem dan terukur dengan baik. Aktifitas pengambilan sampling ini dilakukan setiap hari dengan Uji parameter dari mulai parameter Fisik, Mikrobiologi dan Kimia serta parameter kimia tambahan, termasuk didalamnya memastikan bahwa kandungan mikrobiologi terkait kandungan bakteri E_Coli dalam posisi NOL, Jadi pengukuran ini juga memastikan bahwa parameter kimia dan biologi dalam hitungan 100% memenuhi standar. Dan apabila ditemukan kondisi sampling belum memenuhi standar tersebut, maka akan dilakukan uji ulang dengan mekanisme flushing (pembersihan) pada jaringan perpipaan tersebut sampai hasilnya memenuhi standar yang telah ditetapkan. Hal ini dilakukan untuk memastikan secara tepat bahwa kualitas air dari SPAM Batam aman untuk dikonsumsi.

BACA JUGA:   BP Batam Paparkan Proyek SEZ Batam Sekupang International Health dalam Road to Indonesia Investment Day 2021

Selain kualitas air kepada pelanggan, SPAM Batam terus melakukan penyempurnaan di semua lini operasional pelayanan baik lingkup Layanan Kepelangganan, Layanan Operasional Teknis, Layanan Sistem berbasis IT guna mewujudkan kualitas, kuantitas, kontinutas serta keterjangkauan bagi lebih dari 285,436 sambungan pelanggan (data akhir maret 2021) dengan kapasitas produksi di 6 (enam) IPA sebesar 3.610 liter per detik.

BACA JUGA:   34 Pelanggan bright PLN Batam Dapat Hadiah, Program Apresiasi Pelanggan Pembayaran Listrik Tercepat
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *