Bhakti untuk NKRI, Garda Pemuda NasDem Kepri Gelar Donor Darah dan Donor Plasma

BTM.CO.ID, KEPRI – Menjelang Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan RI yang ke-76, sempena dengan HUT Garda Pemuda NasDem ke-10, Pemuda Siaga Pandemi (PSP) DPW Garda Pemuda NasDem Kepri menggelar Donor Darah dan Donor Plasma Konvalesen untuk membantu sesama. Rangkaian program yang dinamai PSP “Berderma” (Bersama Donor Plasma) tersebut dilakukan sejak tanggal 2 -18 Agustus 2021.

Allib Murniman, Ketua DPW Garda Pemuda NasDem Provinsi Kepri saat dimintai keterangannya mengatakan, program tersebut dilakukan sebagai bentuk kepedulian Garda Pemuda NasDem kepada sesama, ditengah keprihatinan pandemi Covid19 yang meluluhkan lantakkan berbagai sendi sosial, seni budaya dan ekonomi masyarakat, terlebih sebagai kado memperingati HUT RI ke-76.


“Program PSP Berderma ini secara serentak dilakukan di seluruh Indonesia. Melalui program Donor Plasma Konvalesen dan donor darah ini, kita mengetuk pintu hati kita semua, siapa saja tanpa membedakan suku, agama, ras maupun ‘warna baju’nya, mari di masa pandemi ini, menjelang HUT Kemerdekaan RI ke-76, kita memberikan Bhakti kita kepada bangsa dan negara ditengah keprihatinan pandemi Covid19 untuk berbuat sekecil apapun, yang bermanfaat dan dapat menolong sesama,” ajaknya.

BACA JUGA:   Taman Wisata Alam Panbil Nature Reserve Eco Edu Park,  Berlakukan Biaya Masuk


Pihaknya sudah membentuk Satgas PSP Berderma tingkat provinsi untuk menjalankan misi kemanusiaan tersebut. Satgas bertugas melakukan sosialisasi berikut mencari calon pendonor baik Donor Plasma Konvalesen maupun donor darah biasa untuk kemudian diarahkan melakukan donor di Kantor PMI Kota Batam yang beralamat di Batamcentre.


Donor plasma konvalesen dapat dilakukan oleh penyintas Covid19 yang sudah dinyatakan sembuh dengan bukti PCR negatif minimal 14 hari untuk menyumbangkan plasma konvalesennya untuk membantu mempercepat kesembuhan masyarakat yang terpapar Covid19.

BACA JUGA:   Pegawai BP Batam Kerja Dirumah Hingga 8 Juli 2021


“Siapa saja yang berusia 18-60 tahun dan sudah dinyatakan sembuh dari Covid19, kami mengajak, mari bantu saudara kita yang tengah berjuang antara hidup dan mati karena Covid19, dengan mendonorkan plasma konvalesen. Dan bagi masyarakat yang lain, juga dapat mendonorkan darah untuk membantu PMI karena permintaan yang tinggi,” paparnya.


Sebagai bentuk apresiasi, pihaknya akan memberikan sertifikat dan bingkisan baik kepada pendonor plasma konvalesen maupun pendonor darah biasa.


“Hanya sebagai tanda mata, sebagai rasa penghargaan dari kami atas kepedulian dan kerelaan pendonor yang rela hati berbuat dan bermanfaat bagi sesama. Karena bagi kami, mereka para pendonor adalah pahlawan di masa pandemi ini,” urainya.

BACA JUGA:   Operasi Patroli Jaring Sriwijaya 2022 Gagalkan Penyelundupan 11.655 Botol Minuman Keras Ilegal

Sementara itu, Ketua Satgas Berderma DPW Garda Pemuda NasDem Kepri, Brian S Lasse menambahkan, bagi masyarakat yang ingin donor, dapat menghubungi Satgas PSP Berderma maupun datang langsung ke Kantor PMI Kota Batam.

“Kami tidak membatasi jumlah peserta donor. Terbuka bagi siapa saja. Senin (16/8) besok silakan datang ke Kantor PMI. Terakhir program ini sampai Hari Rabu tanggal 18 Agustus malam,” ungkap Brian.

Brian memberikan apresiasi kepada PMI Kota Batam dan para tenaga kesehatannya yang tak kenal lelah bekerjasama dengan baik, memberikan edukasi hingga membantu suksesnya program PSP Berderma tersebut. (Btm / r)