Aksi Bakamla RI Padamkan Kapal KM. Bintang Surya Terbakar di Perairan Karimun

  • Bagikan

BTM.CO.ID, KARIMUN – KN. Pulau Dana-323 Bakamla RI melaksanakan pemadaman KM Bintang Surya yang terbakar di Perairan Karimun, Selat Malaka, Riau, Minggu (12/6/2022).

KN. Pulau Dana-323 yang sedang melaksanakan Operasi Amerta Bumi II dan sedang berpatroli di Selat Singapura, mendapat permintaan bantuan darurat melalui kontak radio di channel 16.

Merespon hal tersebut, KN. Pulau Dana-323 dengan kecepatan tinggi bergerak menuju lokasi kejadian. Diketahui koordinat kapal target di posisi 01.35.45 U – 103.35.09 T atau di sekitar Perairan Karimun.

BACA JUGA:   Pertumbuhan Ekonomi di Kepri Naik, Ambang Priyonggo : Dari Penerimaan Bea Masuk, Bea Keluar, dan Cukai

Setibanya di lokasi, KN. Pulau Dana-323 yang di komandani Letkol Bakamla Hananto Widhi Nugroho. S.E.,M.Si, segera menurunkan rigid inflatable hulled boat (RHIB) dan mengaktifkan peralatan pemadam kebakaran yang dimilikinya. Tak lama kemudian, air disemprotkan ke kapal yang terbakar itu.

IDCloudHost | SSD Cloud Hosting Indonesia

Pranata Humas Ahli Muda Bakamla RI Kapten Bakamla Yuhanes Antara, S.Pd dalam keterangan pers mengatakan, dari hasil identifikasi awal tim Bakamla RI, kapal terbakar tersebut diketahui bernama lambung KM. Bintang Surya.

BACA JUGA:   Kapolres Karimun Sambut Baik Upaya Dewan Pers dan JMSI Kepri Tertibkan Dunia Kewartawanan

“Kapal dengan jenis Kapal Kargo Kayu bermuatan barang kelontong itu sedang berlayar dari Singapura menuju Tanjung Balai Karimun”. Ujarnya.

Dikatakannya, KM. Bintang Surya membawa anak buah kapal (ABK) berjumlah 18 orang. 17 orang selamat dan 1 orang diantaranya dinyatakan meninggal dunia. Selanjutnya, korban dievakuasi ke KRI Lemadang 631 yang juga turut serta melakukan pertolongan bersama dengan beberapa Kapal Tunda yang sedang melintas, diantaranya adalah TB. Maya dan TB. Maiden Central.

BACA JUGA:   Semarak Idul Fitri, Muhammad Rudi Dukung Penuh Festival Lampu Colok dan Lampu Hias Karimun

Hingga berita ini diturunkan, para korban di bawa ke Tanjung Balai Karimun untuk pemeriksaan medis lebih lanjut. Penyebab kecelakaan masih dalam inevstigasi dan KN. Pulau Dana 323 masih melaksanakan pengamanan di sekitar lokasi kejadian. (BTM /r)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *