Polsek Belakang Padang Kota Batam Lakukan Antigen Massal, Cegah Penyebaran Covid-19

BTM.CO.ID, BATAM – Dalam Upaya Pengendalian Penyebaran Covid-19 di wilayah Belakang Padang, Polsek Belakang Padang menggelar tes usap antigen massal bertempat di Puskesmas Belakang Padang. Rabu (18/08/2021)

Kegiatan di laksanakan oleh Tim Gugus Covid-19 Kec. Belakang Padang yakni, Bhabinkamtibmas, Babinsa, Satpol PP, dan Tim Nakes Puskesmas Belakang Padang.

Kapolresta Barelang Kombes Pol Yos Guntur, SIK melalui Kapolsek Belakang Padang AKP Sulam, SH mengatakan Kegiatan Antigen Massal ini bertujuan untuk memudahkan petugas atau masyarakat lebih waspada terhadap virus. Teknis yang dilakukan adalah Door To Door yakni Tim Gugus Covid-19 dan tenaga Kesehatan langsung mendatangi tempat tinggal warga. Dengan mendatangi lokasi yang dinilai rawan penularan karena ada warganya kontak erat dengan pasien Covid 19.

BACA JUGA:   Vaksin Covid-19 Gratis Di Kota Batam, Ini Syaratnya

Tes Antigen massal juga bertujuan menekan penyebaran Covid setelah salah seorang warga terkonfirmasi positif. Agar dapat identifikasi masyarakat yang terpapar dan wajib dipantau oleh petugas PPKM yang berada di wilayah tersebut. Ujar Kapolsek Belakang Padang.

BACA JUGA:   Letkol Pnb Iwan Setiawan Ikuti Apel Komandan Satuan TNI AU Tahun 2021

Kapolsek menjelaskan, setiap personel Polsek Belakang Padang bertugas melakukan penelusuran, seperti proses identifikasi, evaluasi serta manajemen dari sekelompok orang yang telah terpapar virus. Dan melakukan penempelan stiker contact person tracer.

“Hasil dari kegiatan itu, satu orang dinyatakan positif dari 4 orang yang melaksanakan Antigen. Ia berharap, dengan dipasangnya stiker yang memuat nomor contact person tracer Covid-19 di kawasan yang terpapar virus, nantinya masyarakat bisa secara aktif menghubungi petugas.

BACA JUGA:   BP Batam Dengan Kejaksaan Tinggi Kepri Lakukan Penandatanganan Pakta Integritas, Awasi Proyek Strategis

“Apabila mengalami gejala yang mengarah kepada Covid-19, baik untuk diri sendiri, anggota keluarga, tetangga dan atau orang yang dikenalnya agar segera dilakukan tracing dan penanganan,” ungkapnya.

Dalam kegiatan itu juga dilakukan sosialisasi agar mematuhi protokol kesehatan. Serta mengimbau masyarakat bersedia mengikuti tes antigen massal. Ungkap Kapolsek Belakang Padang melalui Kasi Humas Iptu Tigor Sidabariba, SH. ( Btm /r)