Begini Cara Cek Penyebab Kenapa Tagihan Bulanan Air Menjadi Tinggi

  • Bagikan

BTM.CO.ID, BATAM – Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Batam memberikan trik cara mudah pelanggan mengenali penyebab tagihan tinggi. Karena ada beberapa penyebab tingginya tagihan air tiap bulannya.

Yuk, cek!

Pemakaian pola konsumsi pemakaian air yang meningkat seperti mengadakan pesta, renovasi rumah, ada tambahan anggota keluarga, penyelenggaraan acara, dan lain-lain berakibat kubikasi pemakaian otomatis bertambah. Bertambahnya kubikasi pemakaian ini, seringkali tidak disadari oleh pelanggan.

Kebocoran instalasi pipa juga bisa jadi penyebabnya. Potensi adanya kebocoran pada instalasi pipa pelanggan bisa karena rusaknya keran air, bocornya penampung air closet, bocornya pipa instalasi sesudah meteran. Hal ini juga akan berdampak pada potensi jumlah kubikasi pemakaian airnya menjadi tinggi.

BACA JUGA:   Tak Kenal Lelah Bangun Batam, Rudi Diapresiasi Tokoh Dan Masyarakat Sagulung
IDCloudHost | SSD Cloud Hosting Indonesia

“Cara tepat untuk mengetahui adanya kebocoran adalah matikan semua keran air yang ada di rumah. Jika pandu meter tetap berputar, maka perlu diwaspadai adanya potensi kebocoran pipa instalasi dalam,” ujar Corporate Commonication Manager Moya (SPAM) Batam, Astriena Veracia.

Sehingga kata Vera, pelanggan diharapkan selalu memastikan keran air terkunci atau tertutup dengan sempurna saat tidak digunakan. Serta membiasakan diri memeriksa secara rutin floating valve jika pelanggan memiliki bak penampungan dan closet duduk.

BACA JUGA:   PT Moya Indonesia Lolos Prakualifikasi Lelang SPAM Batam Hulu dan Hilir

“Mari bijak menggunakan air dan memeriksa kondisi instalasi pipa atau meter air secara rutin. Pastikan Anda menemukan sumber masalah yang menyebabkan tagihan air melonjak tinggi terlebih dahulu,” Vera, menyarankan.

Ia menyampaikan, bagi pelanggan yang mendapati tagihan tinggi pada kubikasi pemakaian airnya, dapat menyampaikan laporan ke Kantor Pelayanan Pelanggan (KPP) terdekat dengan membawa foto stand meter untuk memudahkan petugas menyelesaikan permasalahan tersebut.

Gunakan saluran resmi kepelangganan SPAM Batam untuk penanganan keluhan serta informasi kepelangganan lain melalui:

• Kantor Pelayanan Pelanggan (KPP) yang berada di Bengkong, Batuaji, Tiban, dan Batam Center.
• Layanan Call Center SPAM Batam 24 jam, di 150 155.
• WA Bisnis di 08117780155 untuk Info Tagihan Rekening Air dan Tunggakan
• Mobile Application Air Minum Batam, untuk mengetahui besaran rekening tagihan air dan sekaligus bisa langsung melakukan pembayaran air pada Mitra Bayar Resmi SPAM Batam.
• Instagram di @airminumbatam
• Twitter di @airminumbatam
• Facebook airminum_batam
• Website di airminumbatam.bpbatam.go.id
• Email di airminum.batam@gmail.com.(BTM /emr)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *