Modus Tour Travel Wisata ke Malaysia, Ditreskrimum Polda Kepri Gagalkan PMI Ilegal Melalui Batam

  • Bagikan

BTM.CO.ID, BATAM – Pengiriman Pekerja Migran Indonesia (PMI) secara ilegal ke Malaysia masih masif terjadi melalui Batam. Padahal, belakangan ini Polri sangat gencar melakukan penangkapan.

Baru – baru ini, Subdit IV PPA Ditreskrimum Polda Kepri kembali melakukan penangkapan di Pelabuhan Ferry Internasional Harbourbay, Kecamatan Batu Ampar, Kota Batam.

Banner IDwebhost

Dari penangkapan itu, anggota Ditreskrimum Polda Kepri berhasil menangkap tiga orang pelaku.

Ketiga pelaku yang ditangkap berperan aktif terlibat langsung pengiriman lima orang calon PMI non prosudural asal Lombok, pada Sabtu, 4 Maret 2023 lalu sekitar pukul 10.00 Wib.

BACA JUGA:   Taba Iskandar Fasilitasi Penyuntikan Vaksin Untuk 1.500 Warga. Daftar Disini
IDCloudHost | SSD Cloud Hosting Indonesia

Direktur Ditreskrimum Polda Kepri Kombes Pol Jefri S mengungkap, pada saat anggotanya dari Subdit IV PPA melakukan penyelidikan di terminal Pelabuhan Ferry Internasional Harbourbay mendapati lima orang yang akan di berangkatkan ke Malaysia.

“Dari keterangan lima orang calon PMI asal Lombok yang diamanahkan, mendapati keterlibatan tiga orang yang selanjutnya berhasil diamankan juga,” ujarnya kepada media ini, Sabtu (11/03/2023).

BACA JUGA:   Amsakar Pastikan Pemko Batam Dukung Tumbuh Kembang UMKM

Dari tiga pelaku yang ditangkap dua orang diantaranya perempuan, berinisial MS (37) dan JS (39) serta seorang laki-laki inisial HM (39). Dan ke lima orang korban asal Lombok adalah JR (31), MR (37), BI (41), AS (37) dan terakhir MH (33).

“Modusnya sebagai Tour Travel Wisata ke Malaysia. Dan berdasarkan hasil penyelidikan diketahui para korban dijanjikan untuk bekerja di perkebunan sawit dengan upah sekitar RM 50 / Ton,” terangnya.

Barang bukti yang diamankan berupa, tujuh buku Paspor Republik Indonesia serta 3 unit Handphone merk Samsung, Redmi dan Infinix.

Akibat perbuatannya, pelaku dipersangkakan melanggar Pasal 81 jo Pasal 83 Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 18 Tahun 2017 tentang Perlindungan Pekerja Migran Indonesia. ( BTm /r)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *