Positivity Rate Dibawah 5 Persen Di Kepri. Ansar Ahmad: Kita Berhasil Dalam Menekan Penyebaran Covid 19

  • Bagikan

BTM.CO.ID, TANJUNGPINANG – Kemampuan sebuah daerah dalam mengendalikan Covid 19 bisa dilihat dari angka positivity rate. Semakin kecil ratio postivity rate semakin bagus daerah tersebut dalam mengendalikan penyebaran Covid 19.
 
Lalu apa sebenarnya positivity rate itu? Dari pengertian bahasa medis positivity rate merupakan rasio jumlah kasus konfirmasi positif Covid-19 berbanding dengan total tes di suatu wilayah.

Cara menghitung positivity rate adalah jumlah total kasus positif dibagi dengan jumlah orang yang dites dan dikalikan 100.

Banner IDwebhost

Gubernur Kepulauan Riau H. Ansar Ahmad SE MM mengatakan, untuk data yang masuk sampai hari ini positivity rate di Kepulauan Riau sudah mencapai 3,06 persen.

BACA JUGA:   Ombudsman Kepri Jalin Kesepakatan Kerja Dengan Seluruh Pemda di Kepri

“Kalau mengacu pada standar Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) yang menetapkan standar¬†positivity rate¬†Covid-19 di bawah 5%, berarti kita berhasil dalam menekan penyebaran Covid 19 di daerah kita. Karena capaian positivity rate Kepri hari ini sudah mencapai 3,06 persen,” ujar Ansar Ahmad kepada wartawan, Sabtu (04/09/2021).

IDCloudHost | SSD Cloud Hosting Indonesia

Dijelaskan Ansar Ahmad, semakin rendah positivity rate suatu daerah menunjukkan juga jumlah orang yang dites semakin banyak dan menunjukkan pelacakan kontak yang memadai.

BACA JUGA:   H-7 Mudik Idul Fitri, Masyarakat Buru Vaksin Booster Di Batam

“Saya berterima kasih kepada seluruh Satgas Covid, tenaga medis, TNI/Polri, Kejaksaan, tokoh-tokoh masyarakat dan seluruh pihak yang telah mendedikasikan seluruh tenaga dan pikirannya untuk secara bersama-sama dalam menanggulangi Covid 19 di Kepulauan Riau,” ujarnya.

Gubernur berharap meski capaian positivity rate sudah menurun drastis namun masyarakat diminta tetap menjaga protokol kesehatan dengan ketat. “Harus tetap dijalankan protokol kesehatan. Kita sangat berkepentingan terciptanya Kepulauan Riau yang sehat agar bisa fokus pada kerja untuk membangun Kepri yang lebih baik,” pinta Gubernur.

BACA JUGA:   Binda Kepri Dan Dinkes Gencar Buka Gerai Vaksinasi Beri Kemudahan Masyarakat Untuk Mendapat Booster

Dari data yang masuk, capaian positivity rate Provinsi Kepri hari ini mencapai 3,06 persen. Sementara capaian positivity rate kabupaten dan kota se Provinsi Kepri diantaranya
Kabupaten Bintan 7,16 persen, Tanjungpinang 7,7 persen, Natuna 7,87 persen, Batam 1,48 persen, Karimun 7,52 persen, Lingga 15,73 persen dan Anambas 14,86 persen. ( Btm /r)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *