BTM.CO.ID, BATAM – SPAM Batam yang dikelola dan dioperasikan PT Moya Indonesia ( Moya Batam ), dijadwalkan akan menghentikan suplai air besih secara total kepada rumah – rumah warga selama 24 Jam lebih di daerah tertentu.
Hal ini, disebabkan karena adanya 3 (tiga) pekerjaan yang akan dilakukan SPAM Batam secara bersamaan di bundaran Barelang, Tembesi, Kota Batam selasa (30/11/2021) malam nanti.
Ketiga pekerjaan ini yakni pengerjaan interkoneksi jaringan pipa DN800-DN600 depan Rusun Muka Kuning, Pemasangan PRSV DN 300 dan Relokasi jaringan pipa induk DN600.
Pekerjaan tersebut akan berlangsung pada pada hari selasa 30 November 2021dimukai pukul 21.00 sampai dengan 03.00 WIB.
Area Kelurahan terdampak akibat pengerjaan Relokasi jaringan pipa induk DN600 yaitu Sagulung Kota, Bukit Tempayan, Tanjung Uncang, Tanjung Riau, Sungai Binti, Tembesi, Sungai Langkai, Sungai Lekop.
SPAM Batam memastikan, Setelah pekerjaan selesai, akan terjadi proses normalisasi yang berdampak kepada pelanggan dengan waktu yang berbeda- beda sesuai jarak aliran pipa dari sumber Instalasi Pengolahan Air (IPA) menuju area layanan.
Berikut tahapan normalisasi suplai air kepada pelanggan (tergambar dari peta), dengan detail penjelasan sebagai berikut:
Pertama, Peta berarsir kuning meliputi daerah Kelurahan Sagulung Kota, sebagian Kelurahan Bukit Tempayan, sebagian Kelurahan Tanjung Uncang, sebagian Kelurahan Tanjung Riau, sebagian Kelurahan Sungai Binti dan sebagian Kelurahan Tembesi. Normalisasi membutuhkan waktu antara 1 s.d. 10 jam.
Kedua, Peta berarsir orange meliputi daerah: sebagian Kelurahan Sungai Binti, sebagian Kelurahan Tanjung Riau, sebagian Kelurahan Tanjung Uncang, sebagian Kelurahan Sungai Langkai dan sebagian Kelurahan Sungai Lekop. Normalisasi antara 11 s.d. 24 jam.
Ketiga, Peta berarsir merah meliputi daerah: sebagian Kelurahan Tanjung Uncang, sebagian Kelurahan Sei Binti, sebagian Kelurahan Sei Lekop dan sebagian Kelurahan Tembesi. Normalisasi lebih dari 24 jam.
“Selama gangguan berlangsung, kami menghimbau kepada pelanggan untuk menampung air, sehingga kebutuhan air masih dapat dipenuhi dengan cadangan air yang telah diantisipasi tersebut”. Tulis management SPAM Batam dalam siaran pers diterima btm.co.id, selasa (30/11/2021).
Management Moya Batam mengatakan, Selama normalisasi berlangsung, SPAM Batam menyiagakan mobil tangki air bersih untuk pelanggan yang mengalami gangguan suplai 1×24 jam sejak perbaikan.
Untuk permohonan mobil tangki air bersih Moya Batam menyarankan warga Kota Batam dapat berkoordinasi kepada RT/RW/Kelurahan setempat.
Selain itu, pelanggan air bersih SPAM Batam juga dapat mengajukan permohonan tangki air bersih melalui Layanan Call Center 24 jam SPAM Batam di nomor (0778) 6000200. ( BTM /DDR)