NEWS VIDEO : Sejarah Pembuatan Jembatan Barelang Batam, Anak Muda Batam “Wajib” Tahu

  • Bagikan

BTM.CO.ID, BATAM – Pembangunan jembatan barelang kota batam dibangun selama enam tahun (1992 – 1998) pembangunannya.

Jembatan Tengku Fisabilillah atau yang biasa dikenal dengan Jembatan I/Jembatan Barelang ini menghabiskan anggaran sebesar Rp400 Miliar.

Banner IDwebhost

Video dikutip btm.co.id selasa, (29/06/2021) dari Youtube, memperlihatkan video proses tahapan pembangunan jembatan barelang kota batam.

Dilansir dari laman wikipedia, Jembatan Barelang (singkatan dari Batam, Rempang, dan Galang) adalah sekumpulan jembatan yang menghubungkan pulau-pulau yaitu Pulau Batam, Pulau Tonton, Pulau Nipah, Pulau Rempang, Pulau Galang dan Pulau Galang Baru di daerah Batam, provinsi Kepulauan Riau, Indonesia.

BACA JUGA:   Jaga Resapan Air Duriangkang, BP Batam Tanam 151 Pohon
IDCloudHost | SSD Cloud Hosting Indonesia

Masyarakat setempat menyebutnya “Jembatan Barelang”. Ada juga yang menyebutnya “Jembatan Habibie” sebagai bentuk penghargaan atas jasa beliau dalam mengembangkan pulau Batam sebagai pulau industri serta mempelopori pembangunan jembatan ini.

Jembatan Barelang merupakan ikon Kota Batam yang populer, khususnya bagi masyarakat Kepulauan Riau. Jembatan ini menjadi salah satu tujuan utama dalam berwisata di Pulau Batam.

BACA JUGA:   Kabar Baik Dari Batam, Data BPS Pertumbuhan Ekonomi Batam Tertinggi Di Kepri

Jembatan Barelang merupakan pilot project berteknologi tinggi yang melibatkan ratusan insinyur Indonesia tanpa campur tangan dari tenaga ahli luar negeri. Dibangun guna memperluas wilayah kerja Otorita Batam, jembatan ini telah menyedot anggaran sebesar Rp400 Miliar selama enam tahun (1992 – 1998) pembangunannya. Enam buah jembatan ini telah menghubungkan jalur Trans Barelang yang membentang sepanjang 54 kilometer.

BACA JUGA:   Capaian Vaksinasi Booster Belum 50 Persen, Gumay: Masyarakat Batam Dihimbau Tidak Ragu Ikuti Vaksinasi Booster

Jembatan Barelang terdiri dari enam buah jembatan, yaitu:

  • Jembatan Tengku Fisabilillah (Jembatan I/Jembatan Barelang), jembatan terbesar & terpanjang
  • Jembatan Nara Singa (Jembatan II)
    Jembatan Raja Ali Haji (Jembatan III)
    Jembatan Sultan Zainal Abidin (Jembatan IV)
    Jembatan Tuanku Tambusai (Jembatan V)
    Jembatan Raja Kecik (Jembatan VI)

(BTM/ ddr )

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *