Literasi Digital, Kesiapan Masyarakat dalam Menghadapi Transformasi Digital

BTM.CO.ID, BATAM – Kemkominfo melalui Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika menyelenggarakan kegiatan Webinar Indonesia Makin Cakap Digital Wilayah Sumatera di Batam, Selasa (26/10/2021) siang. Webinar merupakan bagian dari kegiatan yang diselenggarakan di 77 Kab/Kota di wilayah Sumatra, dari Aceh hingga Lampung. Ada 4 kerangka digital yang akan diberikan dalam kegiatan tersebut, antara lain Kecakapan Digital, Keamanan Digital, Etika Digital, dan Budaya Digital.

Sebagai Keynote Speaker Walikota Batam, H. Muhammad Rudi. Kali ini mengambil tema “Kesiapan Masyarakat dalam Menghadapi Transformasi Digital”. Transformasi digital adalah bagian dari proses teknologi yang lebih besar. Transformasi digital juga merupakan perubahan yang berhubungan dengan penerapan teknologi digital dalam semua aspek kehidupan dalam masyarakat. Transformasi digital telah memberi dampak pada interaksi sosial, apalagi semenjak pandemi segala sesuatunya dikerjakan dari rumah. Namun di satu sisi setiap individu tetap harus memiliki hubungan karena manusia merupakan makhluk sosial. Sehingga meski di rumah, tetap ada interaksi tapi polanya memang berbeda.

BACA JUGA:   Sebagian Wilayah di Batam Alami Pemadaman Listrik, Ternyata Ini Penyebabnya

Dari sikap yang ditunjukkan saat berinteraksi tatap muka pun sebanyak 5% menunjukan personaliti seseorang, sisahnya 95% yaitu karakter dan tempramen tidak begitu ditunjukan. Nah, terkait dengan transformasi digital hal ini berkaitan saat individu berinteraksi sosial melalui media sosial. Setiap orang pun akhirnya harus menyadari di balik media sosial sebenarnya yang dihadapi tetaplah manusia.

BACA JUGA:   ASITA Kepri Berkomitment Menaikkan Tingkat Hunian Hotel di Bintan

“Transformasi digital tidak hanya sekedar tentang teknologi, maksimalkan gawai untuk berekspresi dengan membuat konten sesuai passion, konten dapat menjangkau semua orang, kekinian, dan konsisten berkarya,” kata Yusra Nurvita, S.I.Kom sebagai Konsultan Manajemen Aset.

Sementara, Dr. Nur Kholisoh, M.Si sebagai Dosen Ilmu Komunikasi Universitas Mercubuana mengatakan, internet adalah suatu jaringan komunikasi yang memiliki fungsi untuk menghubungkan antara satu media elektronik dengan media elektronik yang lain dengan cepat dan tepat. Pengguna Internet di Asia 2021 peringkat ke-3 terbanyak di Asia.

BACA JUGA:   Peringati Hari Santri Di Kota Batam, HM. Rudi Kenakan Sarung

Key Opinion Leader oleh Febri Dyta sebagai Influencer menambahkan, zaman dahulu masyarakat hanya menggunakan sms, telepon, atau bertatap muka secara langsung untuk berkomunikasi. Namun, di zaman sekarang hanya dengan menggunakan satu gadget saja sudah bisa menjangkau ke luar daerah atau luar negeri, sangat memudahkan dalam berkomunikasi.(BTM /r)