PMI Kota Batam Bekali Puluhan Wartawan Cara Lakukan Pertolongan Pertama

BTM.CO.ID, BATAM Sejumlah wartawan dari berbagai media massa di Batam menjalani pelatihan pertolongan pertama yang digelar Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Batam, Rabu (23/6/2021).

Pelatihan Pertolongan Pertama Berbasis Masyarakat (PPBM) yang berlangsung di lantai dua, Gedung PMI Batam, tersebut dibuka oleh Asmin Patros, selaku Kepala Markas PMI Kota Batam dan juga sekaligus menjabat sebagai Sekretaris PMI Kota Batam.

Dalam sambutannya, Asmin Patros mengatakan pelatihan pertolongan pertama ini adalah pelatihan yang dirancang khusus bagi masyarakat yang tidak memiliki latar belakang pendidikan di bidang medis untuk mampu melakukan pertolongan pertama pada korban kasus kegawatdaruratan di lokasi kejadian.

BACA JUGA:   165 Pesepeda Ramaikan Tour De Em Nongsa Roll and Race

“Cara pertolongan pertama ini sesungguhnya harus diketahui oleh setiap orang, minimal bisa membantu orang-orang di sekitar tempat tinggal, kuluarga, atau saat di jalan kita menemukan korban kecelakaan dan kita bisa memberikan pertolongan pertama sebelum ditangani secara medis,” kata Asmin.

BACA JUGA:   Petugas Pembaca Meter SPAM Batam Pastikan Kondisi Meteran dan Pencatatan Valid Sesuai Pemakaian

Anggota DPRD Provinsi Kepri tersebut juga mengatakan pelatihan ini sengaja diberikan kepada insan pers, mengingat awak media ini secara langsung berada di garis terdepan dalam berbagai kegiatan. Sehingga hal ini sangat penting diberikan pelatihan.

“Teman-teman wartawan adalah front terdepan karena mobilitas yang tinggi.
Sehingga kami memandang pelatihan ini sangat penting,” ujarnya Asmin.

BACA JUGA:   Vaksinasi Pelajar Di Kota Batam Sudah Dimulai. 1072 Pelajar SMA Negeri 1 Batam Di Vaksin

Pihaknya juga berharap, setelah pelatihan ilmu yang didapatkan bisa juga diberikan pada orang lain, terutama orang-orang terdekat.

“Saya selaku kepala markas, tentunya memberikan penghargaaan setinggi-tingginya. Juga berharap kerja sama awak media dengan PMI ke depan makin solid lagi,” harapnya.

Sementara pelatihan langsung diberikan Ediyanto yang merupakan Wakil Kepala Markas PMI Batam dan Hendy yang di PMI Batam menjabat sebagai kepala operasi ambulans.(BTM / emr)