Penyesuaian Jam Kerja di Bulan Ramadhan, Tak Kurangi Layanan, Produktifitas dan Kinerja Pegawai BP Batam

  • Bagikan

BTM.CO.ID, BATAM – Dalam rangka memperingati bulan suci Ramadan 1444 H, Badan Pengusahaan (BP) Batam melakukan penyesuaian jam kerja bagi seluruh pegawainya.

Penyesuaian jam kerja tersebut dalam rangka menindaklanjuti Surat Edaran Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi RI Nomor 6 Tahun 2023, tentang Jam Kerja Pegawai Aparatur Sipil Negara pada Bulan Ramadhan 1444 H di Lingkungan Instansi Pemerintah.

Kemudian dilanjutkan dengan adanya Disposisi Kepala Badan Pengusahaan Batam atas nota dinas Kepala Biro Sumber Daya Manusia nomor 292 tanggal 21 Maret 2023. Mengenai Usulan Penyesuaian Jam Kerja pada Bulan Suci Ramadan 1444 H di lingkungan BP Batam.

Kepala BP Batam, Muhammad Rudi mengimbau kepada seluruh pegawai BP Batam agar terus meningkatkan etos kerja di Bulan Suci Ramadan ini, guna mendukung pembangunan yang kini sedang gencar dilakukan.

IDCloudHost | SSD Cloud Hosting Indonesia

“Seperti yang saya sampaikan di awal, Batam ini sedang dibangun. Jika pembangunan cepat, ekonomi juga akan berkembang dan warga Batam akan menikmatinya,” kata Rudi.

BACA JUGA:   Pawai Takbiran Batam Meriah, Mobil Dihias Ada Lampu Colok

Menurutnya, jika kolektivitas sudah terbangun secara utuh, proses pembangunan juga akan berjalan dengan lancar dan cepat.

“Maka Batam Kota Baru akan segera terwujud,” imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Biro Sumber Daya Manusia (SDM) BP Batam, Lilik Lujayanti mengatakan, penyesuaian jam kerja tersebut mencakup unit kerja yang memberlakukan lima hari kerja dan enam hari kerja.

Dengan adanya penyesuaian jam kerja itu, waktu kerja pegawai di lingkungan BP Batam tentunya lebih singkat dari hari biasanya.

“Meski ada penyesuaian jam kerja, sesuai arahan dari pak Kepala BP Batam Muhammad Rudi untuk tidak mengurangi pelayanan, produktifitas dan kinerja,” ujarnya.

Ia menjelaskan, bagi unit kerja yang berlakukan lima hari kerja, hari Senin hingga Kamis dijadwalkan mulai pukul 08.00-15.00 WIB. Sementara hari Jumat pukul 08.00-15.30 WIB.

BACA JUGA:   Hari Bakti ke 51, BP Batam Mancing Mania di Taman Rusa

“Istirahat siang itu tidak ada makan siang, tetapi hanya ada istirahat sholat setengah jam dari jam 12.00 sampai 12.30. Kemudian, hari Jumat pulangnya 15.30 karena ada sholat Jumat, jadi lebih panjang. Jam istirahatnya itu dari 12.00 sampai 13.00. Itu untuk yang 5 hari kerja,” jelasnya.

Sementara untuk unit kerja yang berlakukan enam hari kerja, hari Senin hingga Kamis dan Sabtu, dijadwalkan mulai pukul 08.00-14.00. Begitu juga dengan hari Jumat, mulai pukul 08.00-14.00. Sementara untuk jam istirahat, tidak ada perbedaan dengan unit kerja yang berlakukan lima hari kerja.

“Pada prinsipnya kita menghargai pegawai yang menjalani puasa. Namun, kita harus mengutamakan pelayanan maksimal kepada masyarakat, karena BP Batam adalah salah satu instansi yang memberikan pelayanan kepada masyarakat,” katanya.

Khusus kepada unit-unit pelayanan, seperti RSBP Batam, Bandara Internasional Hang Nadim, Direktorat Lalu Lintas Barang dan Penanaman Modal, maupun Badan Usaha Fasilitas dan Lingkungan dapat menyesuaikan jadwal kerja masing-masing sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

BACA JUGA:   Polairud Polresta Barelang Kota Batam, Bagikan Sembako di Panti Asuhan Ridho Ilahi

“Jangan sampai dengan berpusa, mengurangi kuantitas dan kualitas pelayanan. Kita tetap mengharapkan, mereka melaksanakan pekerjaan sesuai dengan standart pelayanan di BP Batam,” katanya.

Dengan adanya penyesuaian jam kerja ini, Lilik kembali berpesan untuk tetap menjaga produktifitas meskipun tengah menjalankan ibadah puasa. Sebab, seluruh pegawai tentunya mempunyai target kinerja yang sama seperti hari biasa.

“Mudah-mudahan, teman-teman dapat dua-duanya. Pahalanya dapat, mengabdi juga dapat. Karena kita bagian dari itu,” katanya.

Ia menambahkan, kepada masyarakat agar dapat menyesuaikan dan mengakses layanan di BP Batam sesuai jam kerja yang telah diatur. Sebab, pada bulan Ramadan nanti, jam pelayanan akan lebih singkat dari hari biasanya.

“Tetapi kami harapkan adanya penyesuaian tadi, masyarakat dapat menyesuaikan pada jam pelayanan,” imbuhnya. (BTm/r)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *