Peringati Hari Air Sedunia 2022, SPAM Batam Ajak Warga Batam Hemat Air

  • Bagikan

BTM.CO.ID, BATAM – Air memiliki peranan penting dalam kehidupan kita, sehingga perlu dijaga agar air senantiasa tersedia dengan kuantitas dan kualitas yang memadai.

Hari Air Sedunia yang diperingati setiap 22 Maret juga bertujuan menyadarkan masyarakat dunia akan pentingnya sumber air yang tersembunyi di dalam tanah. Pentingnya sumber air baku dan pengelolaan sumber air yang berkelanjutan.

Banner IDwebhost

Air, satu di antara sumber daya alam yang sangat penting bagi seluruh makhluk hidup dan setiap hari semua makhluk hidup membutuhkan air bersih terutama manusia. Air dapat dimanfaatkan untuk kebutuhan sehari-hari, termasuk untuk minum, karena 80% tubuh manusia merupakan air.

Adanya pemahaman serta perhatian khusus yang kurang dari masyarakat pada pentingnya keberadaan air bersih adalah salah satu alasan dibalik World Water Day. Hari Air Sedunia merupakan perayaan tahunan yang dilakukan untuk kembali menarik perhatian publik pada pentingnya air bersih dan sumber air baku dan penyadaran akan pentingnya menjaga dan sumbar air baku untuk kelangsungan sumber-sumber air bersih yang berkelanjutan.

BACA JUGA:   BP Batam Mediasi Keluhan Laik Laut Pengusaha Kapal Tongkang
IDCloudHost | SSD Cloud Hosting Indonesia

Terkait sumber air baku di Batam sangat terbatas, mengingat sumber airnya ditampung dalam waduk-waduk buatan yang mengandalkan curah hujan. Berbanding dengan jumlah penduduk dan pertumbuhannya, persedian air di Batam menjadi sangat terbatas ketersediaannya. Hal ini membuat SPAM Batam akan terus berupaya untuk maksimalkan ketersediaan dan pendistribusian air bersih ke pelanggan SPAM Batam.

BACA JUGA:   Harris Hotel Batam Center Berbagi Resep Minuman Sehat “Cleansing Juice” Yang Bermanfaat Meningkatkan Imun Tubuh

Karena itu dirasa perlu untuk langkah penghematan air. Ada beberapa hal kecil yang sehari-hari perlu kita perhatikan untuk cara menghemat air yang berawal dari kebiasaan dan kecenderungan pelanggan dalam penggunaan air dibeberapa aktivitas rumah tangga seperti berikut ini:

Menggunakan ember/wadah untuk mencuci hanya membutuhkan air kurang lebih 10 liter saja. Sedangkan, mencuci di bawah keran terbuka selama 5 menit, sudah menghabiskan 50 liter air. Menggunakan ember saat mencuci pakaian, mencuci mobil, memandikan binatang peliharaan, menyiram tanaman, lebih hemat dibandingkan dengan menggunakan selang.

Kemudian, matikan keran air saat sedang menggosok gigi, ini juga dapat menghemat pemakaian 40 liter air. Mandi dengan menggunakan shower atau air pancuran dan sedang memakai sabun, baikbya matikan air shower.

BACA JUGA:   KONI Kepri Bersama Dispora dan Polda Kepri Gelar Rakor Pengamanan Atlet PON di Papua

“Langkah-langkah kecil dan sederhana di atas, dapat menjadi tips untuk menghemat air dalam aktivitas sehari-hari,” tulis SPAM Batam, dalam keterangan pers rilis, Selasa (22/3/2022).

Sehingga mulai ketersedian air baku sampai pada cara efisien penggunaan air sehari dapat kita jaga untuk ketersediaan dan penggunaannya, karena air adalah warisan yang kita tetap jaga untuk generasi ke depan.

“Dan dengan memperingati Hari Air Sedunia, merupakan moment gerakan hemat air dan menjaga ketersediaan air untuk kehidupan yang berkelanjutan,” tulis SPAM Batam. (BTM /***)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *