UKW Disnaker Batam, LPK Kalala dan PWI Kepri Sukses Digelar, 16 Peserta Dinyatakan Kompeten

  • Bagikan

BTM.CO.ID, BATAM – Uji Kompetensi Wartawan (UKW) Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Batam, LPK Kalala Institute dan PWI Kepri sukses digelar. Uji kompetensi wartawan ini berlangsung di Hotel Pusat Informasi Haji (PIH), Kota Batam selama tiga hari, dari tanggal 19 hingga 21 Juni 2024.

Sebanyak 16 peserta UKW dari 21 peserta berhasil lulus dan dinyatakan kompeten oleh penguji PWI.

Direktur LPK Kalala Institute, Eza Pendri, menyampaikan bahwa dari 25 peserta yang terdaftar, hanya 21 orang yang hadir untuk mengikuti UKW.

“Penyelenggaraan UKW berjalan dengan baik, yang diamati dan diuji oleh PWI Kepri dengan tiga kelompok tingkat muda dan satu kelompok tingkat madya,” kata Eza, dalam penutupan UKW, Jumat, (21/6 2024).

BACA JUGA:   Pemko Batam Apresiasi Dukungan Forkompimda dalam Pembagunan Kota Batam

Eza juga mengucapkan terima kasih atas kepercayaan yang diberikan oleh Disnaker Batam dan kerja sama yang baik dengan PWI Kepri sehingga pelaksanaan UKW berjalan sukses.

Ia juga berharap, kegiatan UKW yang akan dilaksanakan mendatang bisa lebih baik lagi.

“Saya juga memohon maaf, jika dalam pelaksanaan ini, masih ada kekurangan. Mudah-mudahan ke depan bisa lebih baik,” katanya.

www.btm.co.id

Ketua PWI Kepri, Andi menyampaikan, dari 21 peserta, hanya 16 peserta yang berhasil lulus dan dinyatakan kompeten, artinya ada 5 peserta yang dinyatakan tidak kompeten.

BACA JUGA:   Perayaan Imlek 2022 Bersama Keluarga Di HARRIS Hotel Batam Center

“Peserta yang belum kompeten masih memiliki kesempatan setelah enam bulan dari hari ini untuk mengikuti uji kompetensi kembali,” kata Andi.

Andi menjelaskan bahwa sebelum melakukan pengujian, para penguji mengisi Pakta Integritas dan menandatangani kode etik penguji untuk memastikan penilaian yang objektif.

“Di Lembaga Uji PWI, kita utamakan soal integritas dan penguji bekerja, menilai seobjektif mungkin,” ujarnya.

Untui diketahui hingga saat ini, sudah ada 19.217 wartawan di Indonesia yang sudah dinyatakan kompeten.

Kepala Bidang Pembinaan Pelatihan dan Produktivitas Disnaker Batam, Mohammad Zaini, menyebutkan bahwa hasil uji kompetensi kali ini merupakan hasil paling banyak tidak meluluskan peserta dari uji kompetensi yang pernah diselenggarakan Disnaker Batam.

BACA JUGA:   Bentuk Kepedulian, BP Batam Salurkan Bantuan ke Panti Asuhan Restu Ilahi

“Ini menunjukkan bahwa peserta perlu meningkatkan kualitas dan kemampuannya sebagai wartawan. Profesi wartawan memang luar biasa dan tidak mudah,” ujarnya.

Zaini mengaskan, Disnaker Batam akan berkomitmen untuk terus mendukung dan menyelenggarakan UKW di masa mendatang.

“Nantinya juga akan kami sampaikan hasil dari uji kompetensi ini ke pak kadis. Dan mudah-mudahan bisa dilaksanakan kembali di tahun-tahun yang akan datang,” tutup Zaini. ( BTM /***)

  • Bagikan