Akun IG @motorcostum01 Catut Alamat di Batam, Tipu Warga Bekasi Jual Beli Motor Modifikasi

  • Bagikan

BTM.CO.ID, BATAM – Halim Harsono, warga Bekasi menjadi korban penipuan jual beli motor custom online yang mengaku beralamat di Bengkong Baru, Bengkong, Batam.

“Awalnya lihat di IG (Instagram). IG-nya Motorcostum01,” ungkap Halim, saat dihubungi, Selasa (15/6/2021).

Banner IDwebhost

Dia kata Halim, sangat yakin dengan adanya testimoni hasil penjualan motor dan banyaknya follower akun Instagram tersebut.

“Dari komunikasi melalui WA juga sangat meyakinkan. Sampai melampirkan KTP,” ungkapnya.

IDCloudHost | SSD Cloud Hosting Indonesia

Dia sendiri kata Halim, memesan motor custom ala Japstyle. Namun, setelah mengirimkan uang hampir Rp10 juta motor yang dipesan tak kunjung datang.

“Orangnya kemudian tak bisa lagi dihubungi,” ungkapnya.

BACA JUGA:   Warung Makan Milik Wartawan Di Botani 2 Batam Centre di Bobol Maling

Dari alamat yang diberikan Halim, Motorcostum01 mengaku beralamat di Bengkong Baru, Nomor D44, RT 003/RW 004, Kelurahan Bengkong Baru, Kecamatan Bengkong, Kota Batam. KTP yang dikirimkannya juga beralamat yang sama, atas nama Dio Anggara. Begitu juga dengan SIM yang dikirimkan ke Halim juga beralamat dan nama orang yang sama.

Namun, ketika dicek ke alamat tersebut orang yang dimaksud tak dapat ditemui. Bahkan penghuni rumah mengaku tak kenal. Bahkan menurutnya rumahnya sudah sering didatangi oleh orang yang kena tipu dengan modus yang sama, jual beli motor modifikasi.

“Bapak bukan orang yang pertama kena tipu, sudah sering orang datang ke sini, seingat saya sudah 12 kali. Penipu itu sengaja mencatut alamat sini,” ungkap Jeki Ko, penghuni rumah yang dijumpai, Selasa siang.

BACA JUGA:   Rudi Paparkan Alasan Batam Primadona Investasi. Konsul AS Langsung "Kepincut"

Jeki sendiri sudah tinggal di rumah tersebut sejak dua tahun lalu.

“Kami tanya ke pemilik rumah, mereka juga tak tau,” ungkap Jeki.

Dia kata Jeki, memang tak membuat laporan ke polisi terkait pencatutan alamat tersebut kepada polisi.

“Biar korban aja yang membuat laporan ke polisi. Karena kami sibuk juga bekerja. Kalau dipanggil polisi tak apa-apa, kami juga tak salah,” katanya.

BACA JUGA:   Bencana Alam dalam Kacamata Islam (bag-II)Peringatan untuk Para Perusak Lingkungan

Selain itu, nomor rekening bank untuk bertransaksi bukan lagi atas nama Dio, tapi atas nama Mochammad Hamka Prtama, di Bank BTPN. Di akun Instagram tersebut harga motor modifikasi yang dicantumkan juga tak masuk akal. Harga motor berkisar dari Rp3-5 juta.

“Mana ada motor custom seharga segitu,” kata Ragil, penggemar modifikasi di Batam, sambil tertawa ngakak. “Udah jelas tipu-tipu itu,” ungkapnya.

Sementara, nomor handphone yang tertera di akun Instagram Motorcostum01 tiba-tiba tak aktif. Awalnya chat pribadi yang dilayangkan dilayani. Namun, begitu diajak untuk bertemu nomor tersebut tak aktif lagi. (BTM / emr)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *