Lewat Pertemuan Antarinstansi, Bea Cukai Paparkan Kinerja Pengawasan dan Pelayanan

  • Bagikan

BTM.CO.ID, JAKARTA – Bea Cukai secara kontinyu melaksanakan koordinasi guna mempererat sinergi dengan instansi lain. Salah satu upayanya adalah dengan melaksanakan pertemuan sebagai forum komunikasi antarinstansi.

Beberapa koordinasi telah dilaksanakan oleh unit vertikal Bea Cukai di beberapa wilayah pengawasan, salah satunya di Batam dan Tanjungpinang yang kedatangan Administrasi Kepabeanan Malaysia, Jabatan Kastam Diraja Malaysia. “Kunjungan Kastam Diraja Malaysia bertujuan untuk meningkatkan sinergi dan mempererat hubungan kerja sama antara Bea Cukai Indonesia dengan Malaysia,” ujar Hatta Wardhana, Kepala Subdirektorat Hubungan Masyarakat dan Penyuluhan.

Atase Kastam Diraja Malaysia, Ahmad Bin Talib, menyatakan “Kami berupaya untuk mempererat silaturahmi dan sinergi, khususnya di wilayah Batam ini yang letaknya sangat dekat dengan Malaysia bagian Johor. Pengawasan lalu lintas barang perlu dilakukan secara bersama melihat modus penyelundupan barang ilegal masih sering terjadi melalui laut,” jelas Ahmad. Kastam Diraja Malaysia juga berkesempatan untuk melihat proses bisnis di Pelabuhan Batu Ampar yang menjadi pusat pengembangan Batam Logistics Ecosystem.

BACA JUGA:   DEAR WARGA BATAM : Sebelum Mudik Yakinkan Keran Air Tertutup Dengan Baik

Kunjungan Kastam Diraja Malaysia juga dilanjutkan ke Bea Cukai Tanjungpinang yang masih berada di wilayah Kepulauan Riau. Dari kunjungan tersebut, Kastam Diraja Malaysia berencana akan mengadaptasi sistem peningkatan integritas pegawai yang telah dilaksanakan oleh Bea Cukai Tanjungpinang.

IDCloudHost | SSD Cloud Hosting Indonesia

Upaya peningkatan sinergi dan kerja sama juga dilaksanakan kantor Bea Cukai Wilayah Bali dan Nusa Tenggara. Pada Rabu (29/06), perwakilan Kedutaan Besar Amerika Serikat melaksanakan kunjungan sekaligus meninjau pelaksanaan G20. Kanwil Bea Cukai Bali dan Nusa Tenggara merupakan salah satu unit yang menjadi bagian dari Tim Hospitality Presidensi G20 Indonesia.

BACA JUGA:   Kota Batam Segera Punya Sirkuit F1, Ketua IMI Bambang Soesatyo Tinjau Lahan Sirkuit Internasional Batam

G20 adalah Forum Kerja Sama Multilateral yang terdiri dari 19 negara utama dan Uni Eropa (EU). G20 merepresentasikan lebih dari 60% populasi bumi, 75% perdagangan global, dan 80% PDB dunia. Anggota G20 terdiri dari Afrika Selatan, Amerika Serikat, Arab Saudi, Argentina, Australia, Brasil, India, Indonesia, Inggris, Italia, Jepang, Jerman, Kanada, Meksiko, Republik Korea, Rusia, Perancis, Tiongkok, Turki, dan Uni Eropa.

Pada kesempatan ini dipaparkan mengenai Airport Hospitality pada Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai. Presidensi G20 selama tahun 2021 – 2022 terdapat 91 pertemuan yang terdiri dari 1 Konferensi Tingkat Tinggi/ G20 Leader Summit yang akan dilangsungkan pada tanggal 15-16 November 2022, 22 Pertemuan tingkat Menteri/ Deputi, 60 pertemuan Kelompok Kerja/ Working Groups Meetings, dan 8 Engagement Group dan Side Event.
Kedutaan Besar Amerika Serikat yang diwakili Special Agent U.S. Diplomatic Security Service, Chris Hoelscher dan Thomas Ramus beserta Staf Kedubes AS, Yudith Kristianty menyampaikan apresiasi dan terima kasih atas sambutan yang diberikan oleh Bea Cukai.

BACA JUGA:   Berbagi Kebahagiaan, Kepala BP Batam Serahkan 1.500 Paket Bingkisan Ramadhan 1443 H

Sementara itu di Kalimantan, Bea Cukai Banjarmasin berkoordinasi dengan pihak Lion Air Banjarmasin. Rencananya pihak Lion Air akan membuka jalur penerbangan internasional langsung dari Banjarmasin, baik untuk komoditas ekspor maupun penumpang dengan tujuan umroh.

Pihak Bea Cukai menyatakan dukungan penuh atas rencana tersebut dan akan memberikan asistensi dalam pelaksanaan. “Bea Cukai siap mendukung rencana tersebut sesuai dengan tugas dan fungsinya di bidang kepabeanan serta cukai,” ungka Hatta. ( BTM /r)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *