Literasi Digital, Kenali Jenis Aplikasi yang Tepat dan Menguntungkan di Ruang Digital

  • Bagikan

BTM.CO.ID, BATAM – Dalam mencapai target 50 juta masyarakat Indonesia untuk mendapatkan Literasi di bidang Digital hingga 2024 oleh Presiden Jokowi, Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika menyelenggarakan kegiatan Webinar Indonesia Makin Cakap Digital di Wilayah Sumatera di 77 Kab/Kota dari Aceh hingga Lampung. Ada 4 kerangka digital yang akan diberikan dalam kegiatan tersebut, antara lain Kecakapan Digital, Keamanan Digital, Etika Digital, dan Budaya Digital.

Dalam Webinar yang digelar di Batam, Sabtu (30/10/2021) siang, Wali Kota Batam, H. Muhammad Rudi, menjadi keynote speaker dalam webinar dengan tema besar “Kenali Jenis Aplikasi yang Tepat dan Menguntungkan di Ruang Digital”. Tema dipaparkan oleh para narasumber Nasional dan lokal yang mempunyai kompetensi di bidangnya serta seorang Key Opinion Leader yang memberikan sharing session di akhir webinar.

Banner IDwebhost

Afalah Fitrah, menjelaskan di era sekarang banyak sekali perusahaan yang bergerak dibidang e-commerce membutuhkan seseorang spesialis atau seorang yang ahli dalam skill social media marketing, dalam skill ini masih berhubungan dengan copywriting karena dalam social media marketing tentunya diperlukan skill copywriting yang befungsi untuk menghasilkan iklan yang bertujuan mendorong pertumbuhan transaksi penjualan. Jadi skill ini masih berkesinambung dengan skill copywriting. Bukan hanya itu saja, content writing saat ini juga penting bagi social media marketing hal ini bertujuan untuk berbagi informasi dan menaikan traffic kunjungan media sosial, website, blog dsb, tanpa secara langsung mempromosikan produk atau jasa.

BACA JUGA:   Lahan di Kota Batam Terbatas, Tidak Semua Permohonan Lahan Baru Diberikan BP Batam

“Salah satu contoh aplikasi yang dapat mengembangkan content writing ada pada TikTok, riset menunjukkan bahwa TikTok tumbuh hingga 30 juta user di Indonesia dan rata-rata pengguna menghabiskan 850 menit per/bulan. Hal ini yang dapat mendorong serta menaikkan kunjungan konsumen pada perusahaan e-commerce dalam mempromosikan suatu produk yang mereka jual di aplikasi tersebut,” ungkapnya.

BACA JUGA:   Termasuk Karang Taruna, Rudi Dorong Seluruh Komponen Andil Wujudkan Batam Lebih Maju
IDCloudHost | SSD Cloud Hosting Indonesia

Dampak positif dari budaya digital menurut Nida Azmi Khoirunnisa, S.Si, antara lain memudahkan komunikasi dan pencarian informasi, memudahkan berbagai transaksi bisnis, sebagai sarana untuk belajar dan berkarya, serta munculnya berbagai inovasi dan kreativitas untuk mencapai kehidupan yang lebih baik. Peran orang tua dalam budaya digital, meliputi memberikan contoh yang baik dalam budaya digital, selalu membimbing anak dalam budaya digital, mengawasi anak dalam budaya digital, tidak membiarkan anak untuk bebas dalam budaya digital, serta komunikasi secara intens dengan anak dalam budaya digital.

BACA JUGA:   Jelang Nataru, Pemko Batam Jamin Pasokan Sembako Tercukupi

Webinar diakhiri dengan key opinion leader, oleh Tenny Clemenstine sebagai Influencer dan Youtuber yang memberikan sharing session, mengenai masyarakat dapat menggunakan berbagai aplikasi yang tepat dan menguntungkan di ruang digital seperti Youtube. Menurutnya, membuat konten atau karya yang positif dan bermanfaat di Youtube akan berdampak baik bagi kehidupan dan orang lain.(BTM /r)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *