Kapolda Kepri, Irjen Pol. Yan Fitri Halimansyah Titip Harapan Pada PWI Kepri

  • Bagikan

BTM.CO.ID, BATAM – Menjaga Kepri agar tetap aman dan nyaman adalah tugas semua lapisan masyarakat. Termasuk wartawan. Di antaranya memberikan informasi yang akurat dan berimbang, serta mendidik. Berupa fakta. Bukan menghasut, fitnah, apalagi menyebarkan hoaks atau kabar bohong.

Apalagi sebentar lagi Kepri akan menggelar pemilihan kepala daerah, wali kota, bupati, dan gubernur. Informasi yang akurat sangat dibutuhkan oleh masyarakat. Jangan sampai berita yang beredar di masyarakat dapat mengeruhkan suasana dan merusak silaturahmi sesama masyarakat Kepri.

Setidaknya itulah yang ditekankan Kapolda Kepri, Irjen Pol Yan Fitri Halimansyah, saat menerima kunjungan silaturahmi pengurus PWI Kepri, Senin (1/4/2024) siang.

Dalam silaturahmi tersebut Kapolda didampingi Pejabat Utama Polda Kepri, di antaranya, Dirkrimum, Dirkrimsus, Dirintelkam, dan Kabidhumas. Sementara Ketua PWI Kepri, Andi, hadir bersama Wakil Ketua Bidang Organisasi, Novianto, Ketua Dewan Penasihat, Richard Nainggolan, Ketua Bidang EO, Agus Bagjana, dan Ketua PWI Persiapan Batam´╗┐, Qori Ul Fitra.

Jenderal Yan Fitri bukan orang baru di Kepri. Putra asli Tanjungpinang. Pernah bertugas di Tanjungpinang dan dua kali sebagai Wakapolda Kepri.

“Saya lahir di Tanjungpinang. Rumah saya di Jalan Borobudur. Tempatnya kan agak tinggi itu. Sore-sore mau Magrib kami (teman-teman) main klahar, meluncur dari atas sampai ke bawah, seru lah pokoknya,” kenang Yan Fitri sampai tertawa mengenang masa kecilnya itu. Sekilas, klahar merupakan sebutan untuk mainan yang terbuat dari papan yang rodanya terbuat dari bearing (klahar). Atau mirip dengan papan skeadbord. Pemain duduk di atasnya dan meluncur dari tempat yang lebih tinggi. Bila tak mahir pemain bisa terguling dan menyebabkan cendra.

BACA JUGA:   Central Group Akan Bangun Proyek Kedua Serenity Central Berkonsep Beach Side

Banyak hal yang diungkapkan Yan Fitri. Sebagai putra daerah dia mengetahui dari A sampai Z. Kesenjangan ekonomi masih terjadi. Masih banyak masyarakat Kepri yang di bawah garis kemiskinan.

www.btm.co.id

“Sesekali akan saya bawa Dirkrimum untuk melihat masyarakat, masih ada yang makan sagu campur beras,” ungkap Yan Fitri, dan menyebut salah satu wilayah di Kepri. Dia pun terdiam sejenak dan membuka kaca mata yang digunakannya.

Itulah kata Yan Fitri, dengan jargon “Kepri Adalah Kita” yang dia gaungkan melalui spanduk, baliho di jalan-jalan diharapkan membakar semangat masyarakat Kepri untuk saling berangkulan, bahu-membahu, tolong-menolong, saling melapangkan segala urusan.

BACA JUGA:   Ditpam BP Batam Amankan 54 Ekor Tokek Belang Tanpa Surat Karantina Tujuan Pekanbaru

“Jangan mengedepankan emosi,” ujarnya.

Silaturahmi tersebut sekaligus menjawab pertanyaan publik, Yan Fitri digadang-gadang akan ikut bertarung di Pilkada Kepri, November 2024 mendatang. Dia mengatakan belum memikirkan hal tersebut.

“Tak mudah juga saya sampai di posisi sekarang. Butuh waktu panjang. 35 tahun lebih saya mengabdi untuk Negara ini. Saya di sini ini tergantung pimpinan. Jadi sekarang saya fokus mengabdi untuk Negara,” ungkapnya.

Terkait banyaknya kegiatannya di tengah-tengah masyarakat hal itu merupakan permintaan masyarakat. Apalagi masyarakat Kepri banyak yang kenal dengannya.

“Kemarin buka puasa di Aku Tahu (Seipanas), hari ini di Sambau dekat sini (Nongsa), itu karena diundang. Katanya banyak yang ingin jumpa Pak Yan,” ungkapnya dan pertengahan pekan ini dia akan menggelar berbuka puasa di rumah kelahirannya di Tanjungpinang.

Sementara, terkait siapa saja nantinya yang akan mencalonkan diri sebagai kepala daerah, baik wali kota, bupati, gubernur agar tetap menjaga silaturahmi dan memberikan pengabdian terbaik untuk daerah masing-masing.

Dukung Program PWI Kepri

Dalam pertemuan yang sangat cair tersebut, Ketua PWI Kepri, Andi menyampaikan perkembangan terbaru di PWI Kepri. Mulai dari telah terpilihnya dia sebagai Ketua PWI Kepri periode 2024-2029, mengenalkan jajaran pengurus, pindahnya kantor PWI Kepri ke ibu kota Tanjungpinang, hingga program-program PWI ke depan. Di antaranya, akan digelarnya Ujian Kompetensi Wartawan (PWI) pada pertengahan tahun ini, hingga rencana keikutsertaan PWI Kepri dalam Pekan Olahraga Wartawan Nasional (Porwanas) di Kalimantan Selatan pada bulan Agustus 2024 mendatang.

BACA JUGA:   Lahan PT. Tanjung Piayu Makmur di Tembesi Tower Sesuai Perizinan, Warga Dihimbau Jaga Kerukunan Dan Kondusifitas

“Tentu ke depan, kami dari PWI Kepri butuh masukan dan dukungan dari Bapak Kapolda. Sehingga organisasi ini berjalan dengan baik,” ujar Andi.

Menanggapi penjelasan baik dari Ketua PWI dan pengurus lainnya, Yan Fitri menyambutnya dengan baik. Polda Kepri tegasnya akan mendukung program-program PWI Kepri. Apalagi terkait peningkatan kompetensi. Lembaga mana pun ungkapnya wajib meningkatkan kompetensi anggotanya.

“Sehingga dapat bekerja lebih profesional dan bertanggung jawab,” ujarnya.

Yan Fitri pun mengungkapkan rasa terima kasih atas kunjungan PWI Kepri serta mengapresiasi kinerja yang telah dilakukan oleh wartawan dalam mendukung masifnya pemberitaan terkait keberhasilan Polda Kepri. Ia berharap agar silaturahmi yang terjalin dapat terus berjalan baik, sehingga pelaksanaan tugas-tugas kedepannya dapat dilakukan dengan lancar.(BTM /r)

  • Bagikan