Peringati Hari Kesaktian Pancasila, Gumay: Vaksinasi Menjadi Wujud Amalan Pancasila Di Masa Pandemi

  • Bagikan

BTM.CO.ID, BATAM – Momentum Hari Kesaktian Pancasila yang ditetapkan pemerintah sebagai hari libur nasional tidak menghentikan upaya pemerintah dalam menggelar kegiatan vaksinasi Covid-19.

Dalam pelaksanaan vaksinasi pada Rabu (01/06/2022) di Batam, sentra vaksinasi sengaja dipusatkan di Grand Batam Mall.

Kabinda Kepri, Brigjen Pol. R. C. Gumay mengatakan kegiatan vaksinasi yang digelar hari ini, Rabu, bertepatan dengan peringatan Hari Kesaktian Pancasila.

“Program vaksinasi menjadi wujud nyata amalan Pancasila di tengah pandemi Covid-19 saat ini,” ujar Gumay.

IDCloudHost | SSD Cloud Hosting Indonesia

Ia menerangkan, dengan distribusi vaksin yang terus berlangsung hingga saat ini, membuktikan bahwa negara hadir untuk memberikan kemudahan akses bagi masyarakat dalam mendapatkan pelayanan kesehatan di tengah pandemi Covid-19.

BACA JUGA:   DUH!.. Indonesia Tidak Termasuk dalam 4 Negara yang Boleh Kunjungi Singapura September 2021 ini

“Hak setiap warga negara untuk mendapat lingkungan hidup yang baik dan sehat serta mendapat pelayanan kesehatan dan itu diatur juga dalam UUD 1945 Pasal 28 H,” imbuh Gumay.

Ia menegaskan bahwa program vaksinasi ini menjadi salah satu bentuk amalan Pancasila, khususnya sila kedua dan kelima.

“Tidak hanya pemerintah terus berupaya menjaga kesehatan masyarakat di tengah pandemi tetapi juga adil dalam mendistribusikan vaksin ke seluruh wilayah nusantara, termasuk daerah perbatasan Kepri,” terang Gumay.

BACA JUGA:   Lazisnu Kota Batam Jalin Kerja Sama dengan JMSI Kepri

Gumay meminta agar masyarakat tidak perlu ragu mengikuti vaksinasi karena terbukti vaksin Covid-19 aman dan memberikan manfaat positif dalam melawan pandemi.

“Kasus Covid-19 di Kepri telah menurun drastis seiring dengan peningkatan capaian vaksinasi booster saat ini,” jelasnya.

Sesuai dengan data Dinas Kesehatan Kepri, hingga 30 Mei 2022, vaksinasi booster sudah mencapai 44,26 persen atau 607.790 orang dari total sasaran 1.373.372 orang masyarakat Kepri.

Sementara total kasus Covid-19 yang menjalani perawatan tersisa hanya 3 orang.

BACA JUGA:   Kepala BP Batam Buka Pameran Marine & Offshore Expo 2022 Kadin Batam, Geliatkan Ekonomi Batam

“Binda Kepri akan terus mendukung kelancaran kegiatan vaksinasi di Kepri demi menjaga agar daerah perbatasan Kepri tidak terjadi lonjakan kasus pada masa mendatang,” kata Gumay.

Ia menambahkan, Binda Kepri juga akan menggelar vaksinasi massal pada Sabtu (04/06/2022) di Komplek Maha Vihara Duta Maitreya Batam. Kegiatan tersebut terbuka bagi masyarakat umum yang membutuhkan vaksin booster jenis Sinovac dan Pfizer.

Bagi masyarakat yang membutuhkan vaksin booster, dapat melakukan pendaftaran online melalui link http://www.vaksinmaitreya.org. ( BTM /rma)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *