Begini Prosedur Pemindahan Meter Air SPAM Batam

  • Bagikan

BTM.CO.ID, BATAM – Pelanggan SPAM Batam ada beberapa prosedure penting mungkin yang belum diketahui, yaitu salahsatunya adalah pemindahan meter air. Salahsatu fungsi meter air adalah dapat mengukur penggunaan berapa banyak kita/ pelanggan menggunakan air minum SPAM Batam.

Mungkin ada beberapa pelanggan yang ingin mengajukan pemindahan meter karena
letaknya tidak terjangkau oleh petugas pencatat meter atau karena ada perubahan bangunan
karena renovasi atau kerena kebutuhan faktor-faktor lainnya.

Mengatur posisi meteran air pelanggan merupakan hal terpenting, karena petugas pembaca meter harus dapat menjangkau meteran air, sehingga memudahkan
pembaca meter air dapat mencatat pemakaian air pelanggan dengan mudah.

BACA JUGA:   TGB Hadiri Isra Mikraj Tingkat Kota Batam

Selain keberadaan meteran air, fungsi dan keadaan dari meteran air juga perlu diperhatikan.

Menurut SPAM Batam dalam keterangan tertulis Selasa (1/2/2022) menulisakan, Meteran air sebaik mungkin ditempatkan dalam bangunan yang aman, tidak tertimbun bahan tanah atau bangunan, tertutup barang-barang atau ditempat yang kotor, yang dapat menyebabkan meteran air rusak atau karena banyak faktor lain, sehingga dapat mengakibatkan meteran tidak terbaca dan berfungsi semestinya.

Oleh karena itu pemasangan meteran air diatur sedemikian rupa agar mudah djangkau.
Sehingga memudahkan pembaca meter air dapat mencatat pemakaian air pelanggan dengan mudah.

BACA JUGA:   Jalin Kerjasama, Proyek Central Group Batam Gunakan Produk GRC Board dan Semen Rajawali

Pemindahan meter air pelanggan atau mereposisi meter air dikenakan biaya yang berbeda-beda. Tergantung dari jarak dan seberapa besar ukuran meteran air pelanggan.

Pengerjaan pemindahan meteran air tersebut akan dilakukan oleh kontraktor yang sudah terdaftar di SPAM Batam, dengan pengawasan langsung oleh tim teknis
SPAM Batam.

Adapun beberapa persyaratan permohonan pemindahan meter air ini, sebagai berikut :

  1. Membawa struk pembayaran tagihan air bulan terakhir
  2. Membawa FC identitas diri/ KTP pelanggan yang masih berlaku
    (jika nama KTP berbeda dengan pemilik bangunan, dapat
    melampirkan legalitas kepemilikan bangunan)
  3. Pelanggan mengisi formulir reposisi meter di kantor pelayanan SPAM Batam
    terdekat, baik di kantor Pelayanan B.centre, Bengkong,Tiban, Batu Aji.
  4. Membayar biaya pemindahan reposisi meter air.
BACA JUGA:   Cegah Abrasi di Pantai Marina Kota Batam, Ketua Bhayangkari Polresta Barelang dan Pengurus Tanam Mangrove

Silahkan melapor ke Kantor Pelayanan Pelanggan jika pelanggan air minum Batam ingin memindahkan lokasi meter di rumah, jangan pernah dilakukan sendiri karena dapat menyebabkan kerusakan pada sambungan air dan juga meter air tersebut.

Pemasangan meter air yang tidak benar juga akan mempengaruhi akurasi meter dalam membaca penggunaan air.

Perlu juga diketahui bahwa pemindahan meter air secara mandiri termasuk tindakan ilegal
dan akan dikenakan sanksi berupa denda hingga pemutusan sambungan. ( BTM /r)

  • Bagikan