Januari Hingga Oktober 2023, Tercatat 940.046 Wisman Asal Singapura Kunjungi Kota Batam

  • Bagikan

BTM.CO.ID, BATAM – Perkembangan infrastruktur kota yang kian pesat menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan mancanegara (wisman) untuk berkunjung ke Batam.

Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat, jumlah wisman ke Batam sejak Januari hingga Oktober 2023 mencapai 940.046 kunjungan.

Angka ini jauh lebih baik jika dibandingkan pada periode Januari – Oktober tahun lalu yang hanya mencatatkan 340.251 kunjungan.

Melihat statistik selama bulan Oktober 2023, wisman asal Singapura tercatat masih mendominasi kunjungan menuju Batam dengan total 44.789 kunjungan atau 55,85 persen dari total seluruh kunjungan wisman yang ada.

BACA JUGA:   KEK Batam Aero Technic Siap Jadi Pusat MRO Terbesar di Indonesia
IDCloudHost | SSD Cloud Hosting Indonesia

Jumlah tersebut lebih tinggi dari wisman berkebangsaan India yang menempati posisi nomor dua dengan capaian 2.906 kunjungan.

Selanjutnya, ada wisman asal China dengan 2.083 kunjungan dan Philipina dengan 1.656 kunjungan.

Merespons capaian in, Kepala BP Batam, Muhammad Rudi, mengatakan bahwa kemajuan industri pariwisata menjadi salah satu sektor penting yang dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi daerah.

BACA JUGA:   Realisasi PMA Triwulan III 2023, Empat Sektor Industri di Batam Tumbuh Signifikan

Ia menyebut, percepatan pembangunan infrastruktur pendukung yang saat ini terus digesa merupakan upaya agar jumlah kunjungan wisman ke Batam terus meningkat ke depannya.

“Saya sedang menyiapkan Batam kota baru untuk kita semua. Kesiapan infrastruktur nantinya akan membuat Batam dilirik oleh dunia internasional. Tidak hanya untuk sektor pariwisata, tapi juga guna meningkatkan investasi,” ujarnya, Rabu (13/12/2023).

BACA JUGA:   Muhammad Rudi Ajak Guru Siapkan Generasi Indonesia Emas 2045

Rudi berharap, kemajuan Batam ke depan juga dapat memberikan dampak kesejahteraan untuk masyarakat.

Mengingat, pertumbuhan ekonomi Batam sepanjang tahun 2022 lalu mencapai 6,84 persen.

Dimana, angka tersebut mampu melebihi pertumbuhan ekonomi nasional dan Provinsi Kepri.

“Letak Batam yang strategis menjadi modal penting untuk membangkitkan perekonomian daerah dan masyarakat. Mari bersama kita dukung pembangunan agar cita-cita mewujudkan Batam sebagai kota baru bisa tercapai,” pungkasnya. (BTM /r)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *