Kepala BP Batam Optimis Pertumbuhan Ekonomi Daerah Meningkat

  • Bagikan
Kepala BP Batam, Muhammad Rudi, saat bersama Sekretaris Kementerian Bidang Perekonomian RI, Susiwijono Moegiarso - btm.co.id /ist

BTM.CO.ID, BATAM – Kepala BP Batam, Muhammad Rudi, mengaku optimis jika pembangunan Kota Batam akan memberikan dampak terhadap pertumbuhan ekonomi daerah.

Bukan tanpa alasan, perkembangan dan kemajuan Kota Batam ikut mempengaruhi pertumbuhan ekonomi Provinsi Kepri pada semester I 2023.

Banner IDwebhost

Berdasarkan data BPS, perekonomian Provinsi Kepri tumbuh sebesar 5,77 persen sepajang semester I 2023 (Januari-Juni) dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya.

Lebih lanjut, perekonomian Kepri pada triwulan II 2023 tumbuh sebesar 5,04 persen jika dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya. Angka ini tumbuh lebih cepat dibanding pertumbuhan triwulan II 2022 (y-on-y) yang hanya mencatatkan 5,01 persen.

BACA JUGA:   BP Batam Menggelar Rapat Pembahasan Desai Terminal 2 Bersama Forkopimda dan PT BIB
IDCloudHost | SSD Cloud Hosting Indonesia

Hal ini tentu tak terlepas dari peran Kota Batam sebagai lokomotif perekonomian Provinsi Kepri. Salah satunya dengan sumbangsih Batam terhadap nilai ekspor Provinsi Kepri yang mencapai 77,63 persen sepanjang semester I 2023.

BPS melaporkan, nilai total ekspor Kepri mencapai USD 9.672,08 juta. Dari angka tersebut, Batam menyumbangkan nilai sebanyak USD 7.508,52 juta dibandingkan kota atau kabupaten lainnya di Kepri.

BACA JUGA:   Kepala BP Batam Tinjau Progres Pembangunan Gedung VVIP Bandara Internasional Hang Nadim

“Saya berharap, kemajuan Batam dapat memberikan dampak positif bagi perekonomian daerah sehingga nilainya bisa terus meningkat. Semoga pertumbuhan ekonomi ke depan dapat membawa manfaat terhadap kesejahteraan masyarakat,” ujar Rudi di sela pertemuan dengan masyarakat, Minggu (6/8/2023).

Tidak hanya itu, kata Rudi, sejumlah investasi yang akan masuk ke Kota Batam diharapkan dapat memberikan kontribusi nyata terhadap pertumbuhan ekonomi daerah ke depannya.

Mengingat, BP Batam telah menyiapkan sejumlah rencana strategis pengembangan kota yang maju dan modern.

BACA JUGA:   Bahas Pengembangan Rempang, Menteri Investasi RI Optimistis Kesejahteraan Masyarakat Ikut Meningkat

Oleh karena itu, orang nomor satu di Kota Batam tersebut mengajak seluruh elemen masyarakat untuk tetap menjaga situasi kondusif agar investasi yang akan berjalan bisa terealisasi dengan baik dan maksimal.

“Investasi akan memberikan kontribusi penting terhadap pertumbuhan ekonomi. BP Batam akan terus mendorong pertumbuhan investasi di Kota Batam. Mari terus kita jaga kekompakan ini agar investasi bisa terus tumbuh,” pungkasnya. (BTM/r)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *