Pemerintah Longgarkan Kebijakan Pemakaian Masker, Pembukaan Gerai Vaksinasi Tetap Dilanjutkan

BTM.CO.ID, BATAM – Presiden RI Joko Widodo telah mengeluarkan pernyataan resmi bahwa pemerintah memutuskan untuk melonggarkan kebijakan pemakaian masker.

“Yang pertama, pemerintah memutuskan untuk melonggarkan kebijakan pemakaian masker. Jika masyarakat sedang beraktivitas di luar ruangan, atau di area terbuka yang tidak padat orang, maka diperbolehkan untuk tidak menggunakan masker,” jelas Presiden RI dalam pernyataan resminya seperti yang dikutip dalam kanal Youtube Sekretariat Presiden pada Selasa (17/05/2022).

Selain kebijakan tersebut, Presiden RI juga menyatakan bagi PPDN dan PPLN tidak lagi diwajibkan tes swab PCR maupun antigen jika sudah mendapat vaksinasi dosis lengkap.

“Yang kedua, bagi pelaku perjalanan dalam negeri dan luar negeri yang sudah mendapatkan dosis vaksinasi lengkap, maka sudah tidak perlu lagi melakukan tes swab PCR maupun antigen,” jelas Presiden.

BACA JUGA:   Vaksinasi Massal Serentak Binda Kepri Di Batam Dan Bintan, Digelar Di Enam Titik

Meskipun demikian, program vaksinasi tetap dilanjutkan pemerintah dalam rangka membentuk kekebalan tubuh yang optimal dalam mencegah potensi penyebaran Covid-19 pada masa mendatang.

“Hingga saat ini, pendistribusian vaksin tetap dilanjutkan pemerintah karena diperlukan masyarakat agar memiliki kekebalan terhadap penyebaran Covid-19, bagi masyarakat yang belum mendapat vaksin dapat mengunjungi gerai vaksinasi yang telah disediakan, ungkap Kabinda Kepri, Brigjen. Pol. R.C. Gumay, pada Rabu.

Ia menambahkan, pembukaan gerai vaksinasi bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Batam dilakukan dalam rangka memberikan kemudahan akses bagi masyarakat untuk mendapat vaksin. Pada hari ini, Rabu (8/05/2022), gerai vaksinasi dibuka di Puskesmas yang tersebar di wilayah Batam. Selain itu juga dilakukan vaksinasi massal di Grand Batam Mall, Mega Mall, Mall Botania 2, Lapangan Futsal SP Plaza dan Kantor Fuel Terminal Pulau Sambu.

BACA JUGA:   Kepala BP Batam Buka Pameran Marine & Offshore Expo 2022 Kadin Batam, Geliatkan Ekonomi Batam

“Hingga saat ini, pemerintah menyediakan vaksin dosis 1, 2 maupun booster gratis kepada masyarakat, bagi masyarakat yang akan melakukan perjalanan, baik di dalam maupun luar negeri, dihimbau untuk mengikuti vaksinasi hingga dosis lengkap agar tidak perlu tes swab PCR maupun antigen,” imbuh Gumay.

Salah satu peserta vaksinasi, Paul mengucapkan terima kasih kepada pemerintah yang tetap memfasilitasi pelaksanaan vaksinasi bagi masyarakat di wilayah kota Batam.

BACA JUGA:   Wali Kota Batam Muhammad Rudi, Ajak Masyarakat Batam Lawan Covid

“Terima kasih kepada Bapak Presiden dan Bapak Kabinda yang telah memfasilitasi penyelenggaraan vaksinasi ini, kami mengajak masyarakat yang belum mendapat vaksin dosis 1, 2 dan booster untuk segera mengikuti vaksin dosis lengkap demi kesehatan pribadi ataupun untuk memenuhi persyaratan berbagai kepentingan,” kata Paul usai mengikuti vaksinasi booster di Mall Botania 2.

Ia juga mengharapkan agar masyarakat segera mengikuti vaksinasi booster sehingga memperkuat kekebalan bagi diri dan sekitarnya dari penyebaran Covid-19.

“Kami menghimbau agar masyarakat segera mengikuti vaksinasi booster agar dapat beraktivitas bebas dan kegiatan ekonomi kembali berjalan normal, kami ingin segera terwujud sehingga kemana-mana bebas tanpa masker,” imbuhnya. ( BTM /rma)